Search

Pertunjukan The Junior Company of Dutch National Ballet

Tamu spesial hadir di Panggung Kreasi Anak Bangsa, kali ini rombongan grup balet dari Belanda yang dibawa oleh Erasmus Huis (Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta) yakni The Junior Company of Dutch National Ballet. Kota Semarang menjadi kota pertama yang didatangi, sebelum pertunjukan di Jakarta. Dutch National Ballet merupakan perusahaan internasional yang menaungi para penari papan atas, dengan lebih dari dua puluh lima negara yang terlibat. The Junior Company sendiri merupakan grup yang terbentuk di tahun 2013, yang menaungi para penari muda dari Dutch National Ballet Academy (selengkapnya klik link berikut).

Pertunjukan bertajuk Unboxing Ballet tersebut digelar pada tanggal 28 Januari 2020 di Performance Hall Radjawali Semarang Cultural Center. Unboxing Ballet menggabungkan tiga pilar dari repertoar Balet Nasional Belanda terbaik dari abad ke-19 yang populer dan klasik, abad ke-20 dan kreasi menarik dari koreografer yang sedang merintis untuk pertunjukan yang ada di seluruh dunia. Dalam pertunjukan kali ini juga dihadiri oleh Ibu Yolande Melsert selaku Direktur Erasmus Huis.

“Kami sangat bangga, karena akhirnya Semarang terpilih untuk menjadi tujuan show Ballet kelas dunia untuk pertama kalinya”, ujar Ibu Inge selaku Ketua Yayasan Widya Mitra yang menjadi partner Erasmus Huis. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ibu Yolande yang menjelaskan kepada para pengunjung mengenai siapa itu Junior Company yang kemudian disambung juga penjelasan mengenai tarian yang akan ditampilkan yang disampaikan oleh Ernst Meisner yang menjadi Artistic Coordinator.

Tepuk tangan meriah dan wajah kagum penonton mengiringi pergantian setiap sesi tarian. “Akhirnya masyarakat Kota Semarang dapat menyaksikan pertunjukan balet yang benar-benar berkelas dan semoga kehadiran Junior Company di Semarang dapat menginspirasi para ballerina yang ada di Semarang untuk dapat terus berkarya,” ujar Ibu Hellen selaku pendiri Maranatha Ballet School Semarang.

“Kami sangat merasa bangga dan terhormat dapat tampil di depan audience yang sangat menikmati sajian kami dan selalu memberikan tepukan di setiap akhir sesi tarian,” ujar Ernst Meisner mewakili para anggota Junior Company, menanggapi  sambutan masyarakat Kota Semarang yang antusias.

Pertunjukkan Unboxing Ballet berakhir sekitar pukul 20.45 yang diakhiri dengan foto bersama seluruh pemain serta penyerahan cinderamata dari Radjawali Semarang Cultural Center dan Yayasan Widya Mitra.

“Sambutan masyarakat Kota Semarang sangat luar biasa pada acara ini, baik terhadap pertunjukan maupun gedung. Mewakili Radjawali Semarang Cultural Center, saya mengucapkan terima kasih kepada Junior Company of Dutch National Ballet, Erasmus Huis, dan para penikmat seni di Kota Semarang, semoga bisa berjumpa kembali di gedung ini dengan pertunjukkan lainnya,” ujar Gideon selaku Tim Marketing Radjawali Semarang Cultural Center.

Untuk menyaksikkan cuplikan penampilan Junior Company of Dutch National Ballet, silahkan (klik disini).

Leave a Comment